Cara Membeli Mobil Bekas yang Bagus dengan Dokumen Lengkap

Membeli mobil bekas bukanlah perkara yang mudah, kita harus ekstra teliti dan mengetahui cara membeli mobil bekas yang bagus tapi dengan harga yang terjangkau. Walaupun mungkin beberapa mobil bekas memang baru dipakai sebentar, tapi tidak ada salahnya kita berhati-hati dalam membeli mobil bekas. Ada beberapa hal yang harus anda perhatikan jika ingin membeli mobil bekas. salah satu diantaranya adalah kondisi mesinnya yang masih layak pakai atau tidak. Membeli mobil tidak bisa hanya dilihat dari kondisi luarnya saja. Sekarang ini teknologi bengkel sudah sangat maju sehingga bisa saja mobil yang mesinnya sudah rusak tapi luarnya dipoles lagi agar menjadi lebih bagus seperti baru lagi. Untuk itu anda harus jeli saat memeriksa bagian mesinnya.

Saat mobil bekas dinyalakan, bisa diketahui apakah mesinnya masih bagus atau tidak dari suara yang dikeluarkan mobil tersebut. Mesin yang masih bagus cenderung memiliki suara yang terdengar halus. Anda juga bisa melakukan test drive yang merupakan salah satu hal wajib dari cara membeli mobil bekas yang bagus. Dengan test drive anda dapat merasakan seberapa nyaman mobil tersebut saat dikendarai. Apakah bagian-bagiannya masih berfungsi dengan baik. Misalnya bagian kacanya ada yang retak, remnya blong atau tidak. Apakah ada masalah pada bagian lampunya atau tidak. Sebaiknya anda periksa hal-hal bagian-bagian penting dari sebuah mobil tanpa terkecuali. Bila anda masih bingung dalam memilih mobil bekas yang bagus, anda bisa menyimak berbagai tips membeli mobil bekas dulu di internet sebelum memutuskan untuk membeli mobil tersebut.

Hal terakhir yang perlu anda perhatikan dari beberapa cara membeli mobil bekas yang bagus adalah memeriksa kelengkapan dokumen seperti STNK, BPKB dan sertifikat asuransi bila ada. Cek apakah BPKB dan STNK dari mobil tersebut asli atau tidak. Kelengkapan dokumen ini akan mempermudah anda nantinya untuk urusan balik nama atau proses administrasi lainnya. Untuk lebih memastikan kesesuaian dokumen dengan mobilnya anda bisa melakukan cek fisik di kantor Samsat.